Sabtu, 31 Januari 2026

Bulan ini udah ada dua orang yang mau minjem duit sama gw

Wagelaseh..
Masih juga awal tahun, udah ada aja manusia yang ngutang.
Baru juga start.

Gw heran, kenapa sih mereka pada mau minjem duit ke gw? Dikira gw bank keliling apa?
Nggak habis fikir.
Temen yang satu nggak begitu Deket.
Walaupun satu kerjaan.
Terus temen yang satunya lagi, udah jarang ketemu tiba-tiba chat mau pinjem duit buat modal usaha katanya.
Idih, pada PD banget sih mereka minjem duit ke orang.
Masa modal dagang minjem ke gw?
Emang semudah itu ngasih pinjem duit ke orang?
Gw udah sering minjemin duit ke orang.
Dan itu berulang-ulang.
Dia jadi kayak kebiasaan kalo mepet, ngutang ke gw jadinya.
Dan sekarang gw nggak mau minjemin duit orang lagi.
Ngapain.
Yang ada nanti hubungan pertemanan jadi rusak kalo utang nya nggak dibayar.
Kalopun dibayar nanti suatu saat bakalan minjem lagi. Dan gw nggak mau buat jadi tempat minjemin uang orang.
yang Deket aja enggak gw kasih pinjem.
Sodara gw aja minjem duit ke gw nggak gw kasih karena nggak ada pada waktu itu, minjemnya pas tanggal-tanggal belum gajian ya nggak ada lah.
Abang gw minjem duit ke gw nggak gw kasih, karena emang nggak ada belum gajian.

Padahal yang minjem ke gw sama-sama kerja di PT. Gajian sama, mau nikah juga katanya abis lebaran tahun ini, masa iya nggak punya simpenan buat modal nikah minimal.
Terus yang satunya lagi. Udah nikah, punya suami. Kan ada suaminya, mau cari modal buat usaha ya minta aja sama suaminya, atau biar suaminya aja yang cari modal buat usaha. Kenapa jadi dia?

Kamis, 29 Januari 2026

Perjalanan gw di Adonia menuju satu tahun.

Pertama masuk gw di Departemen Sewing 
1.Line 4 B1, kemudian pindah
2.Line 3, B1, kemudian pindah
3.Line 13 B1 (pindah 1 line, cuma pindah 4.tempat, orang-orang nya tetep sama)

5.Line 7 B1, kemudian pindah 
6.Line 4 B2, kemudian pindah 
7.Line 2 B2, kemudian pindah
8.Line 16 B1,  (pindah 1 line, cuma pindah tempat ke gedung B1, orang-orang nya tetep sama)
9.Line 17 B1 (pindah satu line, itu berlaku semua line, orang-orang nya tetep sama)

10. Pindah ke Line 8 b gedung B3 departemen cutting.




gw dimutasi di departemen cutting bagian nosew

Karena di sewing gw nggak ada barang input.
Akhirnya gw dimutasi di departemen cutting. Bagian Nosew
Semoga kerjanya lebih enak, aamiin ya Allah 🤲🏻 

Semoga saya betah disitu aamiin 
Semoga orang-orang nya baik sama saya, aamiin 
Semoga pengawas nya baik juga sama saya. Aamiin 
Dan semoga saya juga baik sama mereka semua. Aamiin ya Allah 🤲🏻 

Mau Cerita saat berangkat kerja tadi pagi

Saya sudah berkali-kali menulis.
Bahwa didunia ini tidak ada yang kebetulan.
Semuanya sudah dirancang oleh Allah SWT. Bahkan daun yang jatuh dari rantingnya, sudah Allah tuliskan dalam kitab lauhul Mahfudz.

Dan tadi pagi ketika saya mau berangkat kerja, pada saat dijalan saya satu aspal bareng doi.
Awalan saya ngga ngeh, kalau itu dia 
Tapi setelah saya lirik pelan-pelan mata tertuju pada sepatu dia bagian belakang warnanya Oren, dan helm dia warna nya merah.
Baru saya sadar kalau itu doi wkwkw..
Saya nggak nengok, cuma sekedar ngelirik dan itu pun sekilas. Karena saya lagi fokus ngendarai motor.
Disitu posisi macet, dan motor dia tepat disamping motor saya, berjejer.
Kira-kira dia tau nggak ya, kalau yang disebelah kiri dia, itu saya.
Dan kalau pun tau juga pasti diem.
Nggak mungkin kan teriak-teriak.

Udah sih mau cerita itu aja.
Lagian dia kan udah punya cewek.
Saya nggak mau ngerusak hubungan dia.
Cukup sekedar mengagumi saja.
Bentar lagi dia mau dipindah ke PT. Aroma.
Yawdahlah wasalam.

Kata-kata Penyemangat Hidup

Akan ada Kebaikan yang tidak lahir kalau tidak ada kamu.
~Ayu Ramdani

Rabu, 28 Januari 2026

Temen jarang ketemu tiba-tiba mau ngutang

Idiiiihhhh...
Mau buka usaha, minjem modalnya sama gw.
Ketemu aja udah nggak pernah dia dimana gw dimana.
Mau ngutang Ama gw, enak aja.
Gw aja lagi bayar utang Mak gw tiap bulan. Di aplikasi.
Kalo pun ada juga nggak akan gw pinjemin.
PD banget dia, minjem duit ke gw.
Temen sih temen tapi nggak gitu juga kali.

Senin, 19 Januari 2026

Harga Tiket Masuk Waduk Cacaban 2026

 Tiket masuk nya ialah sebesar 10 ribu rupiah.

Namun belum termasuk biaya parkir kendaraan.




Semoga bermanfaat.


Alhamdulillah blog saya mulai pulih

 Alhamdulillah blog saya mulai pulih.

Tadi udah diutak-atik dengan kemampuan saya lihat Mbah yutub. Akhirnya status txt nya sudah 'diotorisasi'

Tadinya kan statusnya 'tidak ditemukan'

Mudah-mudahan ada ya Allah sampai diangka 1,3 juta rupiah supaya bisa dicairkan uang tersebut.

Semoga blog saya banyak yang ngeliat 

Semoga artikel saya bermanfaat buat orang banyak.

Aamiin 

Jumat, 16 Januari 2026

Mama gw orang Cakep

Berdasarkan cerita dari mbah gw.
Ketika mak gw mau nikah sama bapak gw.
Ada laki-laki yang tetep setia nemenin Mak gw sampe rela bikin janur kuning padahal sudah tau kalo nikahnya itu bukan sama dia.
Masih satu desa sama mama saya, cuma beda RT aja.

Jadi ceritanya begini.
Sebenarnya laki-laki itu suka sama mama saya. Tapi karena mama saya bukan orang kaya, jadi laki-laki itu tidak dibolehin nikah sama Kakaknya.
Dia dijodohin sama orang lain.
Padahal suka nya sama mama saya.
Akhirnya dia menikah sama orang yang dijodohkan sama kakak nya dia.
Tapi dia nggak cinta.
Kemudian dia menikah lagi secara diam-diam dengan wanita pilihannya.
Menikahnya dijakarta karena dia orang rantauan.

Kata Mbah saya, ketika mama saya nunggu angkot saja.
Laki-laki itu memandangi mama saya terus-menerus dari jendela rumah dia.

Itu namanya bukan jodoh ya.
Kalo jodoh pasti ada jalan buat bersatu.
Dia tidak berdaya padahal dia suka sama mama saya, tapi dia kalah dengan kakaknya yang lebih suka sama perempuan pilihannya karena mama dari perempuan itu baik, sukanya ngasih makanan ke kakak laki-laki itu.
Kan dia tinggal bareng kakaknya, orang tuanya sudah pada meninggal kalo nggak salah.

Sabtu, 10 Januari 2026

Bakso Mas Bambang Depan SMP 2 Slawi Tegal

Dear blog,
Tadi siang saya motoran terus saya mampir makan bakso di tempat makan bakso depan SMPN 2 Slawi Tegal Jawa Tengah.
Namanya bakso mas Bambang.
Dari waktu kecil saya ingat, dia jualan bakso keliling depan rumah saya, sekitar 20 tahun yang lalu.
Dan sekarang beliau udah punya lapak dagang jadi nggak usah keliling lagi.
Baksonya enak. Dan harganya juga terjangkau.
Bakso satu porsi sama esteh satu gelas harganya 13k.

Sekarang mas Bambang nya sudah beruban rambutnya. Sudah kakek-kakek.
Dulu masih muda.





Gw punya Rekan Kerja Muka Dua

Di depan baik, manis, lembut, soft spoken.
Eh nggak taunya...
Dibelakang ngomongin.
Dasar Munafik.
Idih, busuk mah busuk aja kali, nggak usah dipoles.
Baik nya pura-pura.
Jijik 

Pengawas kok gitu

Mentang2 gw nurut, mentang2 gw kalo disuruh mau.
Jadi dia seenaknya sama gw.
Perkara wadah cairan miring aja begitu.
Lebay banget sih
Benci gw sama modelan pengawas begitu.
Mana ada yang suka kalo cara mimpin nya kayak gitu.
Didalem emang kita rekan, kalo diluar, misal istirahat dikantin, ya gw bodo amat.
Nggak peduli.
Gw diem aja. Ngapain nyapa dia, ogah gw, nanti disangkanya cari muka.

Dia beraninya marahin gw, nggak berani marahin yang lain. Padahal ngelakuin kesalahan yang sama 
Nggak adil emang parah.

Jumat, 09 Januari 2026

Sumpah Sebel Banget Hari Ini

Semua makanan yang gw beli nggak ada yang anget.
Bakso Adem, pake plastik bukan berarti nggak pake kuah 😭
Takoyaki juga adem 😭
Pen nangis rasanya huft 😭
Lauk tempe orek yang gw bawa dari rumah, basi 😭
Nasi putih nya adem 😭 

Sedih Kalo Bacain Berita Tentang Indonesia.

Ya Gitu lah ya pokoknya..
Capek sendiri.
Isinya tuh ketidakadilan.
Saya sangat bersyukur pada saat pemilu kemarin tidak memilih pak Prabowo.
Itu adalah suatu kebanggaan buat saya.
Tau bingung harus gimana.
Makin benci aja saya sama pemerintah.
Hidupnya cuma buat memperkaya diri sendiri doang.
Sedih, harus gimana saya ya Allah 


Rabu, 07 Januari 2026

Gw ngefans sama Dian Sastro sama Nicholas Saputra

Gw ngefans sama Dian Sastro sama Nicholas Saputra.

Gw jarang banget follow artis di ig.
Tapi dian Sastro sama Nicholas Saputra gw follow.

Karena saking ngefans nya gw sama mereka berdua.
Dian Sastro udah cantik, pintar pula.
Masya Allah.
Sayangnya tidak berhijab.

Kemudian Nicholas Saputra udah ganteng, mana masih jomblo pula.
Dengan usianya yang udah 41 tapi masih sendiri.

Entah apa yang membuat Nicholas Saputra di usia 41 tahun tapi masih sendiri?

Senin, 05 Januari 2026

Padahal gw nggak pernah ngusik hidup mereka

Padahal gw nggak pernah ngusik hidup mereka.

Orang nyinyir tuh pasti ada aja,
Sukanya ngurusin hidup orang lain.
Lupa kalo dirinya sendiri juga banyak kekurangan.
Tapi kalo ngomongin orang lain itu paling jago.
Kayak diri sendiri paling bersih dari noda.
Nggak ada dosa.
Mungkin hidup mereka kurang menarik.
Jadi dia ceritakan kehidupan orang lain yang lebih menarik.

Depan pura-pura baik.
Tapi dibelakangnya ngomongin keburukannya.
Dasar Munafik.
Manusia muka dua.
Kalo jahat mah jahat aja,
Nggak usah pura2

Geli yang ada.
Dikira nya gw nggak tau kali.
Masih pada muda tapi sifatnya serem.
Katanya anak kuliahan.
Tapi nggak ada yang membedakan antara dia yang katanya anak kuliahan, sama kita orang yang cuma tamatan SMK.


Gw punya rekan kepo

Dear..
Gw pengen cerita.
Gw punya rekan sukanya kepo.
Apa yang gw punya, pasti ditanya harganya berapa.
Ya Tumbler 
Ya Sepatu
Ya tas
Ya seperti itulah,
Padahal gw beli bukan buat maksud pamer,
Gw beli emang suka.
Buat Gonta ganti.
Gw punya tumbler 3
Sepatu 4
Tas 1
Apasih yang gw punya?
Nggak ada cuma itu doang.
Motor aja gw seken.
Suka aneh deh.


Pengawas digaji cuma buat marah-marah

Pengawas digaji cuma buat marah-marah.

Cuma modal bacot doang, kerja mah kaga, kalo operator nya neter sukanya marah-marah.

Bangga ya jadi babu china?
QC nya juga rese, timbang naro kain bentar aja ngromed.
Masih pagi padahal.
Ngomong baik-baik kan bisa.

Apa sih yang dibanggain?
Lah wong sama-sama babu china aja bangga.

Najis.

Sabtu, 03 Januari 2026

Gw dulu suka ngatain Mak gw pelit

Gw dulu suka ngatain Mak gw pelit.

Ternyata adik-adiknya Mak gw jauh lebih pelit.
Amit-amit.
Jangan sampe gw punya keturunan kayak gitu.
Pelite ora umum.
Mantan ibu mertua gw juga pelit.
Bapak mertua gw yang bilang sendiri ke gw.

Saya berdoa
Jauhkan lah saya dari orang pelit.

Kebiasaan

Kebiasaan.

Gw punya rekan.
Sekali minjem duit sama gw, gw kasih.
Gw kasih karena gw kira darurat.
Eh malah disangka gw banyak duit.
Hampir tiap bulan dia mau minjem duit ke gw.
Ya nggak gw kasih lah, enak aja.
Sama-sama kerja kok.
Dia udah bersuami, anak juga belum punya, masa iya kalah sama saya, 
Yang single????
Ya emang bayar sih, tapi ya nggak maulah gw kalo buat andelan kayak gitu.
Nanti lama-lama yang ada hubungan pertemanan nya jadi rusak gara-gara perkara utang.

Kamis, 01 Januari 2026

belajarlah dari surat Al ikhlas

Belajarlah dari surat Al ikhlas.

Namanya surat Al ikhlas 
Tapi didalamnya tidak ada kata-kata ikhlas. Itulah ikhlas.

Orang Pintar Belum Tentu Kerjanya Enak

Orang Pintar Belum Tentu Kerjanya Enak.

Sumber : Facebook 
Nama Akun : Ricky Nugraha.
Nama grup FB : Ngeluh Ngesah Nganggur.

Ini saya tampilkan kisah dari salah satu anggota grup tentang pengalaman nya sebagai seorang laki-laki yang pintar dalam bidang akademik, namun pekerjaan nya tidak sebanding dengan lulusan D3 dan berpredikat cumlaude, bukti bahwa sangat susah nya mencari pekerjaan di bumi Pertiwi ini padahal ijazah ada, pintar pula.
Selamat membaca.



Bukan mau menyombongkan diri. Gue cuma ngerasa, di luar sana banyak orang yang nasibnya mirip kayak gue. Pinter di atas kertas, tapi kalah telak waktu hidup mulai meminta bukti. Nilai bisa tinggi, tapi realita tetap membawa kita ke bawah tanpa peduli.

Bayangin, gue ini mahasiswa lulusan kedua terbaik dengan IPK cumlaude, tiba-tiba jadi kurir. Kayak malu ga sih? 

Jujur aja, waktu pertama kali jadi kurir, pikiran gue cuma satu: ini sementara.
Siapa juga sih yang bercita-cita jadi pengantar paket? Naik motor kepanasan, kehujanan, masuk gang sempit cuma buat nganter barang orang.

Tapi waktu itu nyari kerja lagi susah. Gue juga udah bosen kelamaan diem di rumah.
Tiap pagi bangun, belum juga ngapa-ngapain, suasananya udah nggak enak duluan.

Bangun tidur, refleks langsung pegang HP.
Buka WhatsApp, ngecek satu-satu, siapa tahu ada nomor asing yang masuk.

Ternyata nggak ada apa-apa. Sepi.

Siangnya ya gitu-gitu juga. Kadang disuruh emak ke warung, kadang cuma duduk di teras sambil bengong liatin orang berangkat kerja sambil mikir, “gue kapan?”

Sorenya gue nongkrong sama temen. Mereka cerita soal kerjaan. Gue ikut ketawa, tapi dalam hati gue ngerasa sedih. Kayak gue ketawa itu cuma buat nutupin rasa malu karena belum jadi apa-apa.

Malamnya balik ke kamar. Rebahan. Buka laptop, kirim satu-dua lamaran. Tutup lagi. Nunggu lagi.

Besoknya diulang. Lagi. Dan lagi.

Rutinitas yang kelihatannya santai, tapi bikin kepala mumet. 

Emak gue tiap hari kerjaannya ngomel-ngomel aja terus, mungkin pusing juga lihat gue yang kelamaan nganggur. 

Belum lagi kalau udah mulai dibandingin sama kedua kakak gue. Sakit rasanya. 

Mereka berdua udah kerja, hidupnya kelihatan enak. Kakak pertama gue cewek guru, status PNS. Kakak kedua gue cowok perawat, juga PNS. Hidup mereka jelas. Gajinya tetap. Masa depan terjamin pemerintah.

Sementara gue?

Makan. Rebahan. Makan. Rebahan. Kalo bahasa Sundana mah "HARDOLIN" Dahar, modol, ulin.

Gue ngerasa kayak orang yang lagi numpang hidup di rumah sendiri. Bukan karena iri. Lebih ke malu dan bingung, karena gue belum ngapa-ngapain. 

“Tuh, kakak lo dua-duanya udah PNS.”
“Kerjanya jelas, hidupnya tenang.”
“Masa lo masih gitu-gitu aja?”

Gue cuma bisa diem. Merasa tersindir. 

Sampai akhirnya ada saudara yang ngajakin gue kerja. Jadi kurir.

Waktu itu pikiran gue udah buntu. Tiap hari rasanya muter-muter di tempat yang sama. Jadi pas dia ngomong, “Ikut gue kerja, mau?” gue nggak lama mikir.

“Ya udah lah, gas aja.”

Yang penting pagi gue punya tujuan, bukan cuma bangun terus bingung mau ngapain menunggu waktu yang terus mengalir.

Sekarang, gue tau jawabannya. 

Pelan-pelan, gue ngerasa kayak Tuhan itu sedang berbicara di dalam batin gue.

“Ki, jodohmu sedang menunggu di dunia kurir. Aku kirim kamu kesana bukan karena Aku membencimu. Tapi karena ada pelajaran yang harus kamu jemput sendiri dan ada pertemuan yang harus kamu hadiri.”

“Ki, Aku sedang menyiapkanmu untuk sesuatu yang lebih besar. Jalanmu memang berat, tapi Aku percaya kamu mampu melaluinya.
Kelak, ketika keberhasilan Aku titipkan padamu,
jangan biarkan hatimu lupa bagaimana caranya bersyukur.”

“Aku titipkan kepadamu kemampuan menulis.
Tulislah perjalananmu, dan biarkan dunia tahu:
You’ll Never Walk Alone.”

Di titik ini gue sadar satu hal:
hidup itu nggak pernah peduli seberapa pinter lo. IPK cumlaude cuma angka kalau mental kita lemah. Prestasi akademik nggak otomatis bikin dunia segan.

Yang bikin gue jatuh bukan karena hinaan orang, tapi kenyataan bahwa gue pernah ngerasa “layak lebih”, sementara hidup menaruh gue di tempat paling rendah buat ngetes: gue masih mau jalan atau cuma mau ngeluh?

Gue belajar, Tuhan nggak pernah salah naruh orang. Kalau gue ditempatkan di jalan yang panas, becek, dan penuh debu, itu karena hati gue masih perlu digerus. Masih ada ego yang harus dipatahkan. Masih ada kepala yang harus ditundukin.

Dan ini yang paling kejam tapi jujur:
nganggur itu bukan sekadar soal ekonomi,
tapi soal harga diri yang pelan-pelan rontok setiap hari. Bukan karena kita malas, tapi karena kita ngerasa gagal jadi apa yang orang harapkan.

Jadi kalau hari ini lo lagi di bawah, bukan karena dihina orang tapi lo sendiri yang lagi diuji: mau terus nyalahin keadaan, atau berani nerima bahwa hidup nggak pernah berhutang apa-apa ke lo.

Kurir, panas, hujan, gang sempit itu bukan hukuman. Itu tamparan. Biar gue sadar:
nggak ada pekerjaan hina, yang hina itu hati yang menolak belajar.

Dan ketika nanti Tuhan ngasih gue tempat yang lebih tinggi, gue harus ingat satu hal:
kalau gue lupa rasanya diinjak realita, gue pantas dijatuhin lagi.

Karena hidup itu bukan hanya soal seberapa tinggi lo pernah berdiri, tapi seberapa rendah lo sanggup bertahan tanpa kehilangan iman dan akal sehat.

Kalau hari ini lo capek, malu, dan ngerasa sendirian, itu bukan akhir. Itu alarm.

Bangun.
Jalan.
Atau tertinggal selamanya.










Teh tubruk khas Slawi tegal

Kerja di Pabrik

Sumber : Elola Layla Buat yang sedang berjuang cari kerja di pabrik, mungkin kamu pernah merasakan ini… Masuk kerja di pabrik itu tidak semu...