Sabtu, 10 Desember 2022

IPK tinggi tak menjamin sukses

Curhatan dari salah seorang laki-laki di grub curhat Facebook.


#MotivasiSOA

IPK Tinggi Tidak Menjamin Kesuksesan. 


Saya lulus kuliah S1 tahun 2000. IPK 3,15, masuk 10 besar.  Begitu lulus langsung kerja sampai sekarang,  nggak pernah pindah perusahaan, paling pindah bagian saja. Bapak sukses ya sudah jadi manager! Manager gundulmu!!!! Anak  baru kemarin sore saja sudah banyak yang jadi manager,  GM,  bahkan Direktur.

Saya pernah diundang untuk main ke kantor salah seorang teman kuliah. Bertemu kembali gara-gara dari FB. Main aja kesini katanya,  siapa tahu ada sesuatu yang bisa dikerjakan bareng. Karena kangen juga sama dia akhirnya saya memenuhi undangannya. Kantornya berada di salah satu gedung megah di Sudirman. Berkunjung ke kantornya lumayan ribet,  bahkan saya harus nunggu juga. Lumayan lama. Setelah bertemu biasalah kita mengenang masa-masa lalu, dulu dia sering nyontek tugas kuliah "Mekanika" sama saya,  otaknya agak lelet kalau masalah begituan.  IPK nya juga dibawah 3. Saya masih ingat saat dia menyanjung-nyanjung saya karena IPK 3,15 saat wisuda. Sekarang  saya yang menyanjung-nyanjung dia. Sudah jadi pemilik perusahaan yang lumayan. Asetnya sudah mendekati trilyunan.  Sedangkan aset saya baru eM-eM an. Ember-emberan maksudnya.  Ember yang isinya adukan cor-an. Ngenes juga ya. Ya nggak lah, paling tidak saya sudah membantu salah seorang pengusaha Indonesia menemukan jalannya dengan cara ngasih dia contekan. 

Sampai umur segini, saya masih begini-begini saja. Bahkan mobil Avansah sekalipun saya tidak punya. Wara-wiri kerja atau pergi bareng keluarga pake mobil kantor,  digantinya hanya 5 tahun sekali. Itupun saya pake karena tinggal nge-gas saja. Ngga usah mikir bensin sama servis.  Kalau disuruh beli bensin sendiri saya ngga bakal mau,  mobilnya boros,  sekali ngegas bisa habis seliter. Mendingan naik KRL atau sepeda motor saja. Ngirit ngga pake mikir.

Sekolah dan kuliah tinggi adalah cita-cita mulia. Tapi itu bukan jaminan untuk menjadi orang sukses. Kalau mau sukses jadilah PENGUSAHA jangan jadi KULI kaya saya. Jadi pengusaha itu tidak butuh pendidikan yang tinggi. Yang penting jeli membaca dan memanfaafkan situasi. 
Jadi dalam pandangan saya, kalau mau SUKSES itu tidak mesti kuliah. Anak SMA saja bisa dan banyak yang SUKSES,  tapi ya itu jangan cuma kerja tapi harus jadi PENGUSAHA.  Tapi pendidikan itu tetap perlu, untuk bekal hidup dan meningkatkan intelegensia.

Salah satu teman SMA saya tidak pernah merantau ke Jakarta,  tidak pernah kuliah, sekarang jadi pengusaha batubara. Sekarang dia bebas mau kemana aja. Kalau mudik ke Kalimantan suka di suruh mampir ke rumahnya yang laksana istana,  tapi saya suka malu. Dia cuma lulus SMA kaya raya,  saya Pendidikan S1 tapi begini-begini saja. 
Tapi mau gimana lagi, sudah nasibnya begini. Yang penting jangan lupa bahagia. Biarpun jalan selalu macet begini tetap ceria saja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teh tubruk khas Slawi tegal

Ternyata jadi janda nggak seburuk itu.

Ternyata jadi janda nggak seburuk itu. Ternyata jadi janda nggak seburuk itu. Lebih bahagia malah, lebih banyak waktu buat diri sendiri. Kar...