Jumat, 26 Januari 2024

Kisah anak yang tinggal dengan nenek dan kakeknya.

Kisah seorang anak yang tinggal dengan nenek dan kakeknya karena kedua orang tuanya berpisah.



Sumber : Facebook grup curhat.

#curhatsoa

Selamat malam semua..
Saya izin curhat sedikit yaa😊 nggak tau harus diutarain kemana😅lama-lama ngerasa nyesek juga wkwk..

Jadi saya perempuan (21), saya dari kecil udah tinggal bareng nenek sama kakek. Orang tua saya pisah dari saya masih kecil. Bapak nikah lagi sekarang udah punya 2 anak, mamah kerja ke luar negeri sampe saya kelas 5/6, sekarang udah nikah juga dan punya anak 1, terus ikut tinggal sama suami nya di kota suaminya.

2021 lalu kakek meninggal, selang satu bulan nenek ikut nyusul kakek. Disini posisi aku belum kerja, karna baru lulus sekolah. Jadi masih nyari-nyari kerjaan. Mamah juga pulang saat dia denger kakek meninggal, dia nemenin aku sampe beberapa bulan. Karena masih nyari kerjaan, mamah kadang bawel nanyain kenapa belum nyari kerja, atau nawarin kerja dipabrik. Sampe suatu waktu aku minta kerjaan ke bibi aku. Bibi bilang ada kerjaan cuman di tempat makan pecel lele, bibi juga nawarin mau nggak kerja disana. Yaudah aku bilang iya mau, eh mamah malah nyeletuk "gak usah lah dia mah gak bakalan bisa. Ntar malah malu-maluin lagi" disini aku langsung diem nggak bisa ngomong apa-apa, pengen nangis rasanya. Terus mamah lanjut ngomong "udahlah masuk pabrik aja, atau nggak kamu les ngejait aja sambil cari pengalaman." Iya mamah pengennya aku kerja di pabrik, yang gajinya gede. Di daerah ku orang yang kerjanya dipabrik itu dianggap hidupnya paling sejahtera karena gajinya gede.

Sampe akhirnya aku kerja di pabrik dan ngekos, mamah juga balik lagi ke kota suaminya. Ditempat kerja ku ini, aku cuman bisa bertahan sampe 5 bulan aja. Aku resign dan pulang ke rumah bekas nenek. Beberapa bulan nganggur cuman ngandelin sisa uang gaji waktu kerja di pabrik. Mamah sama bapak emang jarang ngasih dari jaman aku sekolah juga, aku juga nggak pernah mempermasahin, karena nenek sama kakek juga udah mencukupi semua kebutuhanku. Nenek juga ngelarang aku minta ke mamah karena dia tahu nggak bakalan di kasih.

Nggak jarang aku juga sering muncul pikiran pengen nyusul nenek sama kakek, sampe kebawa mimpi nangis-nangis pengen ikut mereka. Sekarang pikiran itu udah jarang muncul, paling cuman sekali-dua kali nggak sesering dulu. Aku sekarang tinggal sama uwa (kakaknya mamah), aku nggak mau tinggal sama salah satu dari mereka. Disini juga aku udah kerja diglosir sembako, yang jaraknya nggak terlalu jauh dari rumah uwaku

Beberapa bulan kerja adik ku yang satu bapak beberapa kali minta uang, cuman nggak aku kasih karena emang nggak ada. Gajiku cuman cukup buat kebutuhanku sehari-hari, ditambah aku punya setoran yang belum lunas.  Sampe 2/3 bulan yang lalu dia minta diisiin kouta, karena kasian yaudah aku isiin. Bulan lalu dia minta lagi tapi nggak aku isi, terus hari ini mamah juga ngechat aku buat minjem uang, sebenernya minjem uangnya juga cuman sedikit tapi kata-katanya yang bikin aku kesel. Dia bilang gini "teh pinjem uang tea, kasian atuh ke adik. Ntar sama mamah juga ganti." Disini aku kesel banget sama mamah, aku pengen banget bilang ke mamah. "Terus mamah nggak kasian sama aku disini. Aku sendirian disini. Aku punya pikiran buat nyusulin nenek sama kakek aja mamah gak tahu, yang mamah tahu aku hidup baik-baik aja." Ujung-ujungnya cuman bisa aku dipendem sendiri, nggak ku utarain.

Kalo udah soal uang aku tuh suka kesel, kenapa? Karena :
1. Orang yang mati-matian buat ngehidupin, ngecukupin semua kebutuhan aku udah nggak ada.

2. Pas masih aku sekolah aku pernah minta uang ke mamah buat biaya ujian kompetensi, mamah bilang dia nggak punya uang sepeserpun, dan bener-bener nggak ngasih ke aku. Ujung-ujungnya nenek lagi yang full biayain semuanya. Eh 4 hari kemudian dia ngerayain ultah adikku yang ke satu tahun, disitu aku ngerasa sakit hati banget😆emang sedikit lebay sih aku disini wkwk. Mamah juga tiap kali diminta uang buat biaya sekolah sering bilang "nggak ada uang, adik mu aja udah nggak punya popok udah nggak jajan. Mmah bukannya nggak sayang, tapi mau gimana lagi, ayamu (bapak tiriku) udah lama nganggur." Aku cuman bisa kek yaudahlah mau gimana lagi. 

3. Bapak kek nggak punya peranan banget dihidupku, dia kek lepas tanggung jawab banget soal aku, tiap aku kerumahnya juga kita cuman ngobrol beberapa kata doang, abis itu aku tinggal. Istrinya juga kek nggak suka aku kesana😅dia pernah bilang langsung ke aku kaya gini "bapak mu lagi nggak ada uang, punya anak yang masih kecil itu bikin pusing, apalagi seusia dia masih suka jajan." Iya anaknya yang ke 2 masih kecil, mungkin sekarang baru masuk sd. Padahal aku kesana cuman mau main doang. Dikasih bekel buat jajan syukur nggak juga yaudah. Kan biasanya juga gitu😁

Dari dulu juga mamah sama bapak jarang nengokin aku. Mamah karena jauh, kalo bapak nggak tahu. Makanya aku nggak deket sama mereka, ada atau nggaknya mereka sama aja bagiku. Malah yang berdampak saat ditingalin kakek-nenek. Ditingalin nenek sama kakek ngebuat aku nggak punya tujuan hidup. Kek aku hidup ya karna emang belum waktunya buat pergi aja.

Aku tahu kok sebenernya ini nggak baik, aku rasa aku juga terlalu kekanak-kanak padahal masalahnya sepele tapi jadi kek gini😁pokoknya terimakasih buat yang udah nyempetin waktu untuk baca ini😊



Tanggapan dari akun Lianawati

Aku gak ngerti sama pikiran duda atau janda yang punya anak. Mereka apa gak mikir,kalau mereka nikah lagi,anak kandung mereka gimana?? Apa gak mikir,,kalau nanti nikah lagi,anak mereka bahagia engga,ibu sambung atau ayah sambung nya baik engga ke mereka.

Kebanyakan ko ya mereka mentingin perasaan sendiri,tanpa melibatkan anak nya. Enak banget nikah lagi,anak sendiri d tinggal gitu aja,meskipun sama kakek nenek nya. Mending kalau biayain,mending kalau inget pulang buat nengok..  lah ini?? Nanti kalau si anak kerja gaji gede,enak tinggal minta,berasa ibu atau ayah sengsara karena anak gak inget ngasih duit 

Heran kan ortu begitu

Aku mau ngasih saran sama kamu
Mau d lakonin syukur engga ya gpp 
Kamu kerja,gaji kamu gak ngasih mereka pun gak masalah,adek sambung minta,gak d gubris pun gpp,cukupin kebutuhan kamu aja untuk sekarang. Belajar menghargai diri sendiri aja ya.

Bahagia versi sendiri,gak usah mikirin mereka yang pasti kedepan nya jadi beban. Nabung kalau memang ada sisa uang lebih,sebulan 50 kalau ada juga gpp.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teh tubruk khas Slawi tegal

Ternyata jadi janda nggak seburuk itu.

Ternyata jadi janda nggak seburuk itu. Ternyata jadi janda nggak seburuk itu. Lebih bahagia malah, lebih banyak waktu buat diri sendiri. Kar...