Selasa, 07 Maret 2023

kisah pemuda yang takut menikah

Sumber : Facebook


#Curhat_SOA
Saya lelaki. Banyak teman dan orang lain yg nyaranin saya buat segera menikah karena melihat saya yg sudah layak. Jujur saya juga udah ada niatan pengen nikah karena secara modal alhamdulillah udah ada, kerjaan punya cuma yg jadi masalah itu mental saya selalu merasa khawatir dan takut kalau nanti udah nikah gak bisa nyukupin dan bahagian istri dan anak. Saya juga punya sifat yg susah buat ambil keputusan besar apalagi jika keputusan tersebut punya dampak buruk ke orang lain (istri dan anak) jika saya salah ambil langkah nantinya. Sehingga saya selalu berpikir belum pantas menjadi seorang suami karena ambil keputusan besar adalah bakal jd hal yg biasa nantinya. Saya juga selalu punya anggapan daripada bikin anak org menderita lebih baik sendiri aja. Saya mau bertanya kepeda yg sudah menikah apakah ketakutan ketakutan yg kalian punya sebelum menikah itu terjadi pas kalian udah menikah? Atau ketakutan tersebut hanya ada di kepala saja dan tak pernah terjadi? Mohon nasehatnya agar saya bisa merubah mindset sehingga lebih berani dan siap karena saya gak mau kayak gitu terus sebelum terlambat dan menyesal pada akhirnya. Terima kasih.


Tanggapan dari para netizen 

"Calonnya udah ada belum? 
Kalo udah, ya kalian obrolin lah visi & misi tujuan kalian rumah tangga ke depannya gmn. 
Gini yah, segala sesuatu ya hrs di bicarakan ber2 (suami & istri) 
Laki2 emg yg ambil keputusan, tp ya lbh baik sblm ambil kputusan. Ngobrol dulu sm istri, karena dlm keputusan itu ya kalian ber2 yang bakal nanggung sebab & akibatnya. 
Ga usah takut, selama itu punya niat baik. 
Walaupun pasti dlm rumah tangga itu ga selalu mulus jalannya"


Tanggapan dari netizen bernama fiyana
"Aku juga kayak kamu, versi perempuannya. Sampe mikir apa gak usah nikah aja kali ya, tapi setelah kerja perlahan berubah, gimana enggak, lingkungan kerja isinya kebanyakan ibu² dan bapa² dari beragam usia pernikahan, ada juga kakak² senior yg umurnya lebih beberapa tahun tipe cewek pekerja keras lagi, sering banget dikasi wejangan pernikahan sama mereka, diceritain kehidupan pernikahan kayak gimana, apalagi mereka itu tipe stoic, setiap dengerin wejangan mereka tuh seketika segala overthinking dan sok perfectionis yg ada didiri aku tuh luntur, ternyata kuncinya emang kita harus banyak bergaul dan ngobrol sama orang² yg bener, jadi sekarang ketakutan itu perlahan hilang, yg tertinggal cuma perasaan harus memperbaiki diri dan meningkatkan value dulu, urusan jodoh biar Allah yg ngatur gimana baiknya."

Tanggapan dari akun Lilik Nugroho Persero
"Menikah itu otodidak, dan yg pasti gapunya pengalaman. Karena kalo udah punya pengalaman berarti Duda atau poligami 😅.
Tapi semua ada ilmunya. Dan kewajiban setiap manusia adalah mencari ilmu (dan mencari istri tentunya 😁). Semoga segera dapat ilmu dan solusi."



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teh tubruk khas Slawi tegal

Ternyata jadi janda nggak seburuk itu.

Ternyata jadi janda nggak seburuk itu. Ternyata jadi janda nggak seburuk itu. Lebih bahagia malah, lebih banyak waktu buat diri sendiri. Kar...