Kamis, 15 September 2022

Share of Anything: Mau kuliah nggak jadi-jadi

#curhatSOA
#tanyaSOA
Akun FB : Rara

mau minta saran dong temen SOA, sebelumnya maaf kalo kata-katanya acak-acakan 🙏

ini akun fake, tp akun asli aku dah ngikutin SOA dr lama

aku cewek anak pertama, aku lulus SMA 2th lalu.
dulu waktu di SMA aku termasuk murid yang berprestasi dan masuk kelas unggulan. 
Kelas 12 aku mulai daftar SNMPTN, SPAN-PTKIN karna masuk siswa eligible. 

belum rezeki jadi aku ga lulus, aku dah niat mau ikut SBMPTN soalnya udh persiapan belajar juga. 
Tapi ternyata biaya adik aku ke smp juga ga kalah mahal, (aku sm adekku beda 6th, jd aku keluar SMA dia masuk SMP).  Akhirnya aku ngalah dan gjd ikut SBMPTN, sebenernya bnyk dapet tawaran beasiswa dr swasta tp aku tolak juga karna ortu blm ngijinin aku kuliah dan kejauhan. kalo ditanya sakit hati ngga? sakit banget hahahaha ngerasa sia-sia aja perjuangan ambis aku.

aku mutusin buat kerja biar tahun depan bisa kuliah, gapapa nunda 2 th juga. Mama aku ngomong kalo uang gaji aku ditabung aja di mama biar aman, yauda aku kasihin aja semuanya biar ditabung, aku cuman ngambil 150rb buat 1 bulan, karna saking pngn kuliah. 
Aku kerja ga lama cuman 4 bulan akhirnya keluar karna makin kesini jobdesk aku makin banyak dan mulai ngerasa ga sebanding sm gaji (aku kerja jd admin olshop). 
orang-orang ngira aku males kerja sm gamau dimarahin pdhl aku hampir tiap hari dimarahin, tp yaudah namanya juga kerja. aku ngomong ke ortu pengen pindah ke pabrik aja, tp ortu pd nolak soalnya mental nya harus kuat. 
bbrp kali nanya selalu dijawab ky gitu, akhirnya masukin lamaran aja kesalah satu pabrik tanpa ngasih tau ortu, Alhamdulillah diterima. dan jujur ternyata lebih enak kerja di pabrik drpd di tempat kerja dulu. karna gajinya umr juga sii ^^ kalo ditanya suka dimarahin ga? Namanya juga kerja apalagi pabrik yaa dimarahin udh makanan sehari-hari

akhirnya aku kerja udh 1th dan lumayan lahh yaa buat daftar kuliah tahun 2022, aku sengaja pilih UT (Universitas Terbuka) aja soalnya biayanya juga terjangkau sm ga mahal. pas aku tanya ke mamah ternyata uangnya kepake semua. disitu aku lemes bgt dan sakit hati bgt. mau marah tp kayak ngefreeze seluruh badan, cuman bisa ngeluarin air mata aja. terus aku nanya 'jadi gimana?' mamah cuman bilang 'gausah kuliah cewek mah tetep aja didapur' pdhl bapak yg selalu nyuruh aku buat kuliah karna pendidikan juga penting buat cewek apalagi buat madrasah pertama anak. 
dr dulu aku pngn beli laptop ortu selalu bnyk alesan giliran aku mau beli sendiri malah ditanyain buat apa.

skrng aku resign dr kerjaan karna selalu g fokus mikirin ini, tp bapak ngomong 'gapapa kalo mau istirahat setahun jugaa gausah kerja, da ga gampang kerja juga', mama kalo didepan bapak suka iya iya aja, pdhl kl dibelakang suka marahin aku karna ga kerja dan ga bantu keuangan keluarga, pdhl aku baru nganggur 1 minggu, dan rencana juga minggu depan mau cari kerja lg atau ngga jualan aja. 

dan aku masii tetep pengen kuliah, menurut kalian gimana?? aku harus nyimpen gaji aku kemana? kl misalnya disimpen sendiri pasti ditanyain ... Aku tahun depan pengen kuliah...

makasihh yaa yang udh mau baca sm ngasi saran (⁠ ⁠◜⁠‿⁠◝⁠ ⁠)⁠♡

Tanggapan dari akun Indriani Rahayu February
"Maju kena mundur kena.
Dapet kerja uang di tabung sendiri, nanti di bilang pelit, ha bantu ekonomi keluarga. Parah2 nya di bilang anak durhaka ga tau timbal balik ga tau terimakasih.
Kalo duit disimpan di mamah lagi, habis lagi.
Gimana kalo kamu bohong. Duit gaji kamu, bilang aja kamu ikut investasi. Kalo di tanya inves apa di mana. Jawab aja inves macam indra kenz gitu. Kalo di ceramahi, nanti kena tipu dll, dengerin.
Pasti ada yg bilang dosa. Lah gimana, duit anak hak anak itu. Berbakti ga harus dg uang toh ??
Ini anak mau mandiri dan punya potensi di akademis.
Kalo ada yg bilang, adab dulu baru ilmu, yaudah kali ada solusi lain supaya duit gaji TS ga kepake utk kebutuhan rumtang yg ga ada habis nya . .?"


Tanggapan dari akun : Pie Izzy
"Ibumu toxic parah, duit anak aja diembat. Kenapa aku ngomong gini? Dengan bapakmu bilang gpp ga kerja 1 tahun juga, istirahat dulu" artinya keuangan kalian ini bukan yang bener2 kurang. meski itu uang anak, ortu harus tetap izin kalau pake uang anaknya. Dan ga seharusnya ibunya mematahkan tekad anak.

Solusinya cuman satu. Bikin rekening sendiri. Kerja pabrik gaji UMR lumayan loh. Carilah kost yang paling paling murah, kost 300k sendirian atau berdua sama temen 450k ,jadi cuman 225k sebulan. makan dan kebutuhan bulanan kamu atur sebaik mungkin. Gaji kamu simpan sendiri. Kalo ditanyain gaji bilang saya pegang sendiri. Harus tegas. Harus pelit. Kalo ibumu marah bilang mau nabung mau kuliah, toh saya kuliah kan ga minta biaya sama ibu. Lalu ngadu lah ke ayahmu. Tetap fokus ke diri sendiri. Apa lagi ada dukungan dari ayah. Semangat ya. Jangan menyerah. Harus tegas ke ibumu. ♥️

Tanggapan dari FB : Maulana Loa
"Tabung di Mama = 100% bakalan dipake. Dan kebanyakan gak akan dikembaliin sih.
Kalau ada yang ngembaliin, ortumu artinya ortu pengertian, namun 1 : 1000.
Saran dari saya kalau mau nabung, tabung saja sendiri. Bisa di bank, atau dibelikan logam mulia saja.
Tapi resikonya sih memang gede di keluarga. Paling pol ya dikatai anak durhaka.

Namun uang hasil jerih payahmu adalah hak kamu, mendapatkan pendidikan tinggi adalah hak kamu. Jika keluarga tak mampu membiayai, namun kamu bisa membiayai secara mandiri, maka itu hak kamu.

Saya dulu pas kecil dapat angpao ketika ada hari raya. Namun saya dibuatkan tabungan. Sampai sekarang masih ada itu. Sudah saya belikan emas. Emasnya dibelikan sama ibu saya. Saya yang menyimpannya. 

Persoalan uang anak memang ortu kadang ada yang riweuh kepengin jadiin anak mesin uang dengan dalih "Balas budi sudah dikandung 9 bulan, sudah disekolahkan, sudah dirawat".
Namun hal tersebut tidak 100% dibenarkan. Karena mengandung, merawat, dan menyekolahkan semua adalah kewajiban orang tua".

Tanggapan dari FB: Raine Salvatine
"Uang anak adalah hak anak, kecuali jika kebutuhan si anak ini sudah terpenuhi seluruhnya. Baru di sana ada hak orang tua.
Pendidikan kamu itu hak kamu, jadi kalau kamu mau kuliah, ya gapapa ga ngasih orang tua. Kamu bukan anak durhaka karena ngga ngasih ke keluarga.
Omongan mereka cukup dengarkan, tapi jangan dimasukkan ke hati/pikiran. Belajar untuk tebal telinga. Suara mereka pentalkan saja.
Semangat. Peluk jauh untukmumu".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teh tubruk khas Slawi tegal

Ternyata jadi janda nggak seburuk itu.

Ternyata jadi janda nggak seburuk itu. Ternyata jadi janda nggak seburuk itu. Lebih bahagia malah, lebih banyak waktu buat diri sendiri. Kar...