Selasa, 04 April 2023

jangan pernah punya anak kalo belum mampu dalam segi apapun

Sumber : Facebook.

Fanpage : grup curhat soa

Pointnya : jangan dulu punya anak kalo belum mampu dalam segi apapun.


#curhatsoa
Ortu saya pisah sejak saya kelas 1 SMA, mereka juga udah nikah. Saya ikut mama dan suaminya, soalnya papa gamau bawa saya. Semenjak pisah, papa udah ga menuhin kebutuhan saya sebagai anaknya lagi. Kemudian saya kuliah karena papa tiri saya yang minta dengan janji akan dibiayain, iya betul dibiayain, namun hanya UKT-nya saja. Sementara sangat banyak pengeluaran lain untuk kuliah selain UKT, untuk uang bayar kos dan makan itu dari mama saya, itupun harus ngirit banget. Kadang saya goreng tepung terigu pake garem buat lauk. Saya kasian lihat mama saya kerja di rumah makan, sering diomongin orang juga soalnya suaminya cukup terpandang dan punya rumah makan sendiri masa istrinya kerja di RM orang lain. Tapi gimana lagi, di RM suaminya sendiri ga akan dapat gaji. Saya juga kerja sampingan meski hasilnya ga banyak, nabung dikit-dikit buat beli laptop soalnya susah banget kuliah ga ada laptop. Apalagi saya ngambil Jurusan Komunikasi. Tugas sering telat bahkan tidak tuntas, namun mama dan suaminya nuntut saya cepet lulus. Tabungan yang harusnya untuk beli laptop kemarin terpakai cukup banyak karena pengeluaran tak terduga. Semester 4, saya ingin berhenti saja tapi dilarang. Kalau harus lanjut rasanya berat banget, malu juga tiap hari nebeng temen. Mau naik kendaraan umum beneran ga ada uang untuk ongkos ke mana-mana, uang bulanan sekarang dikurangi. Padahal makin bertambah semester pengeluaran jadi makin banyak, mana akhir-akhir ini lagi ga ada job sama sekali. Nyari part time juga susah, di sini ga ada yang mau terima mahasiswa buat kerja. Mungkin ada member SOA yang butuh jasa ghost writer bisa hubungi saya. Terima kasih. 

Dan tolong banget, jangan pernah punya anak kalau ngerasa belum mampu dalam segi apapun.


Tanggapan dari netizen.
Keadaan kayak kamu zaman dulu itu banyak tapi bisa jg berhasil kok. 
Kadang orang harus ditakdirkan mengalami kesulitan spy jadi humble dan welas asih pd sesama. 
Coba perhatikan mahasiswa yg lebih prihatin drpd kamu, pasti banyak. 
Jas ghost writer tawarkan di grup2 kepenulisan platform. 
Atau, drpd jadi GW kenapa engga ikut nulis di event2 platform. 
KBM App tiap bulan ada event, di oenerbit Lovrinz jg ada, dan banyak platform lain spt Fizzo dll. Selama nulis hal yg bermanfaat, walau uang tak banyak tapi berkah itu banyak. 

Mama kamu sampe susah payah kerja di RM orang janganlah kamu salahkan karena ingin punya anak. Memangnya siapa yg bercita2 cerai, engga ada. 
Coba cari teman yg baik, yg dewasa dan agamis. Atau berdoa pada Tuhan, minta ditunjukkan, apa sih sebenarnya tujuan Tuhan memberi dirimu cobaan spt ini. 

Bersyukur mama masih berjuang, jgn dipandang sebelah mata. Menikah itu memang untuk menghasilkan generasi penerus yg baik. Kalau semua orang child free, nanti spt di Jepang. Negara maju luar biasa, tapi SD nya hanya berisi beberapa gelintir di desa2. 
Lantas siapa yg akan mewarisi Jepang di masa depan? Orang asing? 

Kamu sdh mahasiswa, pikiranmu harusnya lumayan terbuka sedikit. Coba renungkan. Menjadi pas2an itu engga hina. Yg hina itu jadi pelacur demi uang jajan, jadi koruptor demi gaya hidup mewah, jadi pembunuh orang tak bersalah, dll. 

Suatu hari, kamu akan bangga karena bisa melewati ini dengan ikut membiayainya.



Tanggapan dari netizen lainnya :

Terimakasih sudah diingatkan aku sebagai newmom disini sedih dan berat juga rasanya kalau ada di posisi kamu, dituntut cpt lulus tapi tidak dibantu dr segi materi, semoga cpt dpt kerjaan part time nya, aku juga jujur aja blm siap untuk jadi orgtua, tapi aku balik lagi mikir kalau aku siap nikah ya brarti aku juga siap dengan apapun resikonya trmasuk dikasih anak cpt sama tuhan, bgtupun kamu juga harus siap ketika kamu memutuskan kuliah kamu harus siap dengan pengeluaran, tugas dan yang lainnya, semngat trs, semoga aku dan suami gajadi ortu yg egois.

Tanggapan dari netizen

Setuju bgt sama statement terakhir, jangan punya anak kalau merasa belum mampu
Sebagai ibu anak 3, saya sadar bgt tanggung jawab saya ke anak2, karna mereka nggak minta dilahirkan, tp kita sebagai ortu yg pengen mereka lahir.
Semangat buat ts, semoga cepet dapat jalan keluar ya, kalau bisa jangan putus kuliahnya
Buat kita para orang tua, semoga bisa memenuhi kewajiban kita sebagai orang tua dengan sebaik2nya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teh tubruk khas Slawi tegal

Ternyata jadi janda nggak seburuk itu.

Ternyata jadi janda nggak seburuk itu. Ternyata jadi janda nggak seburuk itu. Lebih bahagia malah, lebih banyak waktu buat diri sendiri. Kar...