Sabtu, 26 Agustus 2023

curhatan istri yang punya suami tidak tegas

Sumber : Facebook.
Fanpage : Komunitas Bisa Menulis.
Nama Akun : Icha Sangkhapat. (Kontributor Teratas).

Cerita titipan..
Assalamualaikum wr.wb 
Aku anak tunggal ortu ku sudah tidak ada(almarhum) ortuku meninggalkan warisan rumah dan motor dan tabungan senilai 7jt.
Aku sudah menikah selama 10 th dan di karuniai 2  anak sepasang yg pertama perempuan usia 8 th dan yg ke 2 laki2 usia 4 th..
Selama pernikahan hidup ku pas-pasan suami yg tidak punya gajih hanya pekerja buruh harian..
Aku jg bukan anak org yg berada. Jdi hidup susah sudah biasa, 
aku kan tinggal di jakarta bersama suami dan anak kami mengontrak rumah petakan. Suami ku ngusulkan untuk menjual rumah sepeninggalan ortuku di kampung dan di belikan rumah disini untuk kami,dan aku setuju dngn sarannya lalu ku jualah di sodara sepupuku yg bekerja di luar negeri,, dan ku belikan rumah kecil di jakarta dngn 2 kamar yg penting kita gk cape bayar kontrakan pikirku,, dan kami sudah berjalan beberapa bulan di rumah kami, dan Alhamdulillah pekerjaan suami mulai rame, dan sedikit demi sedikit aku bisa mengisi perabotan rumah, dan aku senang sekali bisa memenuhi permintaan anak ku untuk mempunyai kamar sendiri. Dan tiba2 suami dapat tlpn dari kakaknya yg tinggal di pulau seberang,bahwa anak pertamanya atau keponakan suami ingin kuliah di jakarta dan meminta suamiku membiayai separuh dri biaya kuliahnya.. dan di situ aku kaget bukan main. Karna si ponakan ingin tinggal di rumah kami, tentu saja aku kurang setuju, dia perempuan mana mungkin mau tidur di ruang tamu,, aku menolak karna si ponakan itu ingin tidur di kamar anak ku dan anak ku di suruh tidur lagi bersama kami dan satu kamar. Dan mertua ku turut campur karna saya menolak, mertua ku bilang " memangnya kenapa si Tanti (ponakan) tinggal di rumah kalian kan dia ponakan Angga (suamiku) dlu Angga jg pernah tinggal di rumah Dila(kakak ipar) waktu Angga blum menikah, lalu aku bilang ke bumer kalo anak ku ingin tidur terpisah.. dan aku menyaran kan  si Tanti untuk mengekos saja,tp mertua ku mulai hitung2an,katanya aku ini istri yg hanya meminta saja kepada suami.. di situ suami ku hanya kebingungan mau mendengarkan yg mana.. suamiku sebenarnya keberatan dngn apa yg di minta kakaknya, masalahnya ekonomi kami mulai membaik dan kami ingin menabung untuk pendidikan anak kami,tp mertua ngotot ingin cucu dari anak perempuan nya tinggal di jakarta, apa lg separuh biaya kuliah di bebankan pd suami dngn dalih persodaraan. Pdhl saat kami susah tidak ada ke 5 sodara suami yg membantu, apa yg kami punya resmi milik kami,, tp keluarga suami slalu mengklaim apa yg kami punya adalah milik anaknya🥲 sodara2 ipar mulai membisikkan klo aku tidak mau mengikuti keinginan nya aku akan di tinggalkan, kadang aku berpikir klo memang suami ingin meninggalkan ya tak masalah,toh aku punya rumah dan kendaraan,tp aku jg tidak punya pekerjaan,,kadang ingin jualan tp sudah bnyk yg berjualan di sini, jualan online jg pernah tp tidak berjalan lancar.. dan karna masalah ini suami ku jdi down dan tidak semangat bekerja. Yg tadinya sangat rajin bangun pagi2 skrg cuek bangun siang trus,, dan kadang kerja kadang tidak..😭 dan sikap nya jg berubah lebih cuek.. aku bingung atku tidak punya siapa2 lg selain suami dan anak2...😭

Tanggapan dari akun : Ari Mustari
Lanangan Ra tegas tinggal wae ya ora Gii Oshee.
Jawaban Gii Oshee : Ari Mustari iya lh goapa.
Ari Mustari : Gii Oshe  sah kewatir ora Madang
Gii Oshe : Ari Mustari  jagat omber akeh sing aweh



Tanggapan dari akun : Quunsha Zoya
Klo aku gak akan bingung, aku akan tegas. Gak akan aku sanggupi biaya kuliah dan gak akan ngasih tumpangan ke ponakan. Apapun resikonya aku akan tolak.


Tanggapan dari akun : Rindyanti Desniar Nugraheni Nachdi. (Kontributor Teratas).
Kadang masalah itu datangnya bukan dari pasangan suami-istri itu sendiri.
Tapi sering adanya campur tangan dari keluarga.
Entah itu omongan ataupun tindakan nyata.


Tanggapan dari akun : Euis.
Lagian klo gak ada biaya buat kuliah gak usah gaya2 an dan nyusahin orang,


Tanggapan dari akun : Dewi Purnamasari (Kontributor Teratas)
Tolakkkkkk lama2 jadi beban tuh.. Blm lagi nanti datang tuh berkunjung s ipar s mertua ah ribet. Itu mah mnta jadi beban..
Kalo Ttap kekeh biarkan saja blangin mon maaf rumah saya hasil jual d kampung apa apa hasil ortu saya suami nikah gak bwa apa2 silahkan ambl suaminya aja suruh kerja lagi jangan punya anak istri modalin sana ponakannya.


Tanggapan dari akun : Sultan Dicko
Membantu itu hukumnya tidak mutlak. (Tidak wajib) jadi dalam hal ini keluarga iparnya tidak punya hak memaksa harus.

Untuk suaminya yang down. Ajak dia bicara Mbak. Karena dulunya beliau idaman banget. Mungkin dengan bicara dan kasih penjelasan, dia ngerti. Jika ada ancaman ingin ditingkatkan. Jangan takut, jodoh dan rezeki, rahasia Tuhan.

Tetap semangat kak. Saran saya perbaiki komunikasi dengan suaminya. Ketentraman dalam rumah tangga dimulai dari pasangan itu sendiri. Bukan dari ipar, mertua, ataupun saudara lainnya.

Memang di dalam rumah tangga tidak disarankan ada ikut campur pihak luar. Inilah contohnya. Masalah datang bukan dari faktor mbak dan suami. Dari orang luar.

Tanggapan dari akun : Soe Ujiannita Soe (Kontributor Teratas).
Harus tegas nolak. Berani ngomong. Kalo mertua ngitung², itung juga harga rumah. 

Amankan seluruh aset. Cari kenalan pengacara buat jaga². Bukan su'udzon, tapi ya kudu begitu.

Tanggapan dari akun : Indri Yani.
Kamu wajib menolak mbak ..


Tanggapan dari akun : Juni Melati Sitinjak.
Tegas!!!!
Jangan mau dimanfaatin
Darimana ceritanya boleh memanfaatkan saudara seperti itu?
Jangan takut ambil keputusan
Jika suamimu memilih meninggalkanmu karena berat keluarga tendang keluar dari rumahmu suruh kerja dan biayai ponakannya 
Percaya saja anak itu ada rejekinya selama kita mau berusaha.

Tanggapan dari akun : Pheri Fitriana.
Jangan terima ponakan,jangan menyanggupi untuk mau mau membiayai kuliah. Membantu boleh tp semampunya..
Pertahankan kak..semangaat.....


Tanggapan dari akun : Syiffa said (Kontributor Teratas).
Kamu harus tegas to mbak ,duduk bicara serius sama suami ,mau nya gimana ?
Lanjut apa enggak ini rumah tangga .
Aku yang baca nya aja nyesek,loh .

Kamu tegas ke keluarga suami ,lawan ,jangan takut !




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teh tubruk khas Slawi tegal

Ternyata jadi janda nggak seburuk itu.

Ternyata jadi janda nggak seburuk itu. Ternyata jadi janda nggak seburuk itu. Lebih bahagia malah, lebih banyak waktu buat diri sendiri. Kar...