Selasa, 15 Agustus 2023

Kisah Berteman Dengan Wati

Sumber Facebook.
Grup Facebook : Komunitas Bisa Menulis. 



BERTEMAN DENGAN PEREK

saat itu usia saya 14thn 

Sayya berteman dengan wati yg kala itu sudah berusia 24th

Saya tidak begitu paham dengan istilah perek .

Dan ketika dewasa barulah saya mengerti kenapa wati lekat sekali dengan sebutan perek di lingkungan kami

Ketika saya mulai paham dgn apa yg terjadi
Watipun bercerita knp bisa sampe dia sprti itu

Dan entah mengapa saya ga ambil pusing utk hal itu.

Padahal dr awal orgtua saya memang sudah menunjukan ketidaksukaannya akan pertemanan saya dgn wati.

Setelah hilang kontak kurang lebih 7tahunan.

Saya dan wati bertemu lagi 
Saya telah memiliki 2 org anak dan kluarga lengkap harmonis

Semntara wati memprihatinkan.
Dgn status single parentnya

Kini usia saya 29
Dan wati 39

Saya bukan lagi anak kecil berusia 14th atau 22th saat terakhir kita bertemu yg dlu ga peduli dgn siapa sya berteman.

Saya bntu sebisa mungkin agar wati hidup normal dan lepas dari bayangan negatif yg melekat pada diri dia.

Saya carikan kontrakan  yg dekat dgn saya tinggal.
Saya bantu sebisa saya mengenai apa2 yg ia butuhkan.

Sampe pnjem duit berapapun utk kprluan apapun saya kasih tanpa batasan jatuh tempo.

Saya bilang

" teh skrg kita tinggal di lingkungan baru. 
Dimana org2 tidak tau asal usul mu dan masalalu mu.
Ayo mulai kehidupan yg baru dengan kualitas diri yg lebih baik dr kmrn.
Insyaallah saya akan bantu sebisa saya apabila memang tteh butuh bantuan"

Dia juga merasa selama ini hidup di jalan yg salah. Dan ingin memulai lembaran baru dengan citra yg lebih baik .

Tapi......
Entah bagaimana awalmula nya wati ini betingkah
Belum ada 1 tahun wati tinggal di sini
Tetangga sudah menggunjing 

Ya gimana gak menggunjing.
Dia janda dan ojek langganan yg d bayar bulanan anter jemput dan menunggu di dalem kamar kost.

Sampe pernah istri dr tukang ojek tsb dtg langsung ke kostan wati dan memarahi suaminya agar tdk menunggu d dlm kamar.

Untunglah istri nya ga ngelabrak wati.
Dan hanya fokus memarahi suaminya

Saya nasehati wati agar lebih jaga jarak dgn tukang ojek tsb
.utk hubungan lbh profesional aja antara driver dan penumpang

Lalu pernah saya dan wati smpet kless krna suatu hal.

Pas kami dah baikan lagi tau2 wati cerita smpet ga punya uang buat bayar ojek bulanannya.
Krn hubungan dgn saya saat itu sedang renggang , dia ga berani mnta tlg sama saya. Akhirnya dia bayar dengan tidur dgn tukang ojek tsb.

Gimana saya ga kesel dgernya.

.pdhal awalnya dia tinggal di sini ingin memulai hidup yg baru dgn citra yg baik.

Entah sesulit apa saat itu yg pasti saat mengetahui hal itu saya msh mau membantu dia.

Padahal dr awal suami juga udah gak sreg melihat pertemanan sy dgn wati.

Tapi saya gak tega dengan kondisi wati yg single parent.
Apalagi melihat anaknya.

Saya msh bertemn dgn wati.

Hingga watipun bertanya

"Kenapa kamu msh mau bertemn dan membantu saya? Padahal sudah tau saya begini?"

Selain krn kasian. Saya juga yakin d luar sana byk kok org yg lbh susah namun tidak menjual harga dirinya.

Makamya saya msh mau ada di sisi wati sembari memulai proses wati utk kehidupan baru yg lebih baik.
Bukan tentang materi. NaMun setidaknya hidup bertetangga, bermasyarakat dgn citra yg baik

Apalagi kini dia hidup bersama anaknya yg sudah kls 4SD
bagaimana nanti mental anaknya kalo ibu nya memiliki citra yg sprti dulu di mata msyarakat/tetangga.

Pada akhirnya skrg saya berada di titik menyerah dengan pertemanan bersama wati.

Ternyata dr awal memang pola pikir kami yg berbeda.
Skeras apapun saya berusaha agar wati berubah namun apabila dlm dirinya sendiri tdk mau berubah ya sia2 lah usaha saya selama ini.

Kadang kalau flashback .
Saya jadi mengerti knp orgtua saya dlu tdk suka dgn pertemanan saya dan wati.

Dan setelah saya dewasa saya paham semuanya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teh tubruk khas Slawi tegal

Ternyata jadi janda nggak seburuk itu.

Ternyata jadi janda nggak seburuk itu. Ternyata jadi janda nggak seburuk itu. Lebih bahagia malah, lebih banyak waktu buat diri sendiri. Kar...