Senin, 30 Januari 2023

Kisah Ibu perusak barang-barang

Sumber : Facebook.


#CURHATSOA

Ada yang sama gak, punya keluarga yang bakat ngerusak barang 🙄

Ya, aku ada. Ibuku sendiri.
Mungkin hal itu yang bikin Bapakku males beliin barang apa aja buat ibuku. Terutama kayak elektronik(Hp/laptop/jam tangan)

Dulu pernah aku beliin jam tangan rantai 500k pakai gaji pertamaku, baru 1 hari udah jatuh dari motor(njepat) ke aspal sampai kacanya retak+ rantainya putus.
Terus beliau udah gak mau make lagi meskipun udah aku benerin di tukang jam. Katanya udah gak ori lagi.

Aku pernah beliin gelang, baru dipake ada aja yang lepas rantainya. Terus aku disuruh balik ke toko, buat tuker meskipun rugi. Baru beberapa hari dipake udah putus lagi. Gatau buat apa padahal ibuku kerjanya cuma ngajar di sekolah bukan kuli bangunan.

Anting(suweng) juga sama. Bantalannya ilang alhasil ilang satu antingnya.

Beberapa flatshoesku yang terpinjam ibuku juga pada rusak dan kotor. Entah ngeletek atau lecet. Gatau buat apa. Mungkin buat manjat gunung 🙄

Kacamata minusku baru ganti frame dan lensa, harganya lumayan 1,5 juta. Pas posisi aku taruh di meja TV, aku pergi beli roti ke r*tiO. Pas pulang ibuku nyengir, sambil bawa kacamataku yang udah patah engsel gagangnya uwaaaaaaaa 😭 nangisssss.
Katanya, "Tadi ibu cuma nyobain doang. Kok patah si? Murahan apa gimana sih?!"

Ya gimana ya. Mau emosi, tapi takut durhaka 😭
Mana cuma nyengir, gamau bantu dana buat ganti itu kacamata. Akhirnya Bapakku yang kasih uang, 500ribu.

Terakhir kemarin. Beliau pinjem laptop. Karena laptop inventarisnya dipakai buat rapat sama guru lain. Udah aku siapin baik², masukin tas. Aku suruh hati-hati kalau mau ngeluarkan sama masukin dari tas. Iya doang. Aku jadi anak cerewet. Nah, sampai ibuku berangkat, masih aman. Pas pulang?
Laptopku gak mau hidup. Pas ditanyain ibuku bohong, katanya udah mati pas dipakai. Tapi aku gak percaya. Aku bawa ke kang service.
Ditanyain lah itu sama kang servicenya, "Laptopnya jatuh ya, mbak?"

Seketika nyes banget 😭
Terus dikasih tahu, LCD udah rusak juga karena kebanting. Mahal biaya perbaikannya. Padahal itu laptop belum ada setahun. Untung file kerjaanku ada di FD sama di laptop kantor semua.
Pulang-pulang nangis. Terus ibuku kayak gak merasa bersalah. Gak mau bantu dana juga. Yang ngerusakin siapa yang suruh ganti rugi siapa 😭

Sejak kejadian laptop itu, sampai sekarang aku ngelarang ibuku pinjam barangku. Kamarku aku kunci kalau aku pergi. Bukannya pelit. Tapi gimana yaaaaa. 
Sepatu yang bagus² aku masukin kamar. Flatshoes murah aku taruh di rak teras.

Tapi herannya kalau barangnya sendiri itu gak mudah rusak. Kayak HP, ibuku beli sendiri, ya sampai sekarang masih waras padahal dipetantang petenteng kemana². Laptop sekolah(inventaris) waras² aja. Sepatu pantofelnya awet.
Tapi kenapa giliran barang orang lain, pasti rusak. Gituloh anehnya.


Tanggapan dari akun Jimmy Anderson 
"Memang ada namanya penyakit itu dalam ilmu psikologi. Saya lupa namanya. Tapi pernah baca ini di tabloid intisari terbitan lama. Ada beberapa tipe yang saya bisa ingat:
1. Barang orang rusak, barang sendiri rusak.
2. Barang orang rusak, barang sendiri aman.
3. Barang orang aman, barang sendiri rusak.
4. Barang pinjaman aman, barang sendiri hilang.
5. Barang sendiri aman, barang pinjaman hilang.
6. Selalu kehilangan barang apa pun.
7 sampai 9 saya lupa.
Benar solusinya jangan dikasih pinjam atau dikasih hadiah lagi. Ibumu itu sudah perusak barang orang, tak tau diri pula. Masih bisa senyum2 tanpa beban, tak mau ganti rugi, dan tak mau pakai barang servisan, padahal dia sendiri yang rusakin".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teh tubruk khas Slawi tegal

Ternyata jadi janda nggak seburuk itu.

Ternyata jadi janda nggak seburuk itu. Ternyata jadi janda nggak seburuk itu. Lebih bahagia malah, lebih banyak waktu buat diri sendiri. Kar...